Minggu, 27 Mei 2012

SDM Perekonomian Indonesia

Sumber Daya Manusia
Negara Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang sangat banyak dan memiliki beraneka ragam suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Negara-negara dengan jumlah penduduk yang banyak, tentu memiliki sumber daya manusia yang sangat tinggi. Teknologi dan sumber daya manusia, bukan hanya jumlah tetapi juga kualitas, sangat menentukan keberhasilan indonesia di dalam perkembangan perekonomian global.
Sumber Daya Manusia yang berkualitas memberikan pengaruh yang sangat baik apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Manfaat yang baik akan barguna bagi diri kita, masyarakat dan negara. Apabila kita mencari pekerjaan atau membuat lapangan pekerjaan sendiri, kita bisa melihat dari kelebihan dan kemampuan yang kita miliki dari sumber daya kita. Hal ini dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di negara kita. Jadi sangatlah penting sumber daya manusia itu bagi kehidupan kita. Bahkan dapat dipastikan bahwa pemakaian teknologi dan input – input modern tidak akan menghasilkan input yang optimal apabila kualitas petani dalam arti pengetahuan atau wawasannya mengenai teknologi pertanian, pemasaran, standar kualitas, dan lain – lain rendah. Lagipula,  teknologi dan SDM adalah dua faktor produksi yang sifatnya komplementer dan ini berlaku di semua sektor, termasuk pertanian.
Sebagai salah satu negara yang masih berkembang, Indonesia mengalami masalah dalam sumber daya manusia antara lain pertumbuhan penduduk yang masih sangat tinggi, penyebaran yang kurang merata, dan kurang seimbangnya struktur dan komposisi umur penduduk, yang ditandai dengan besarnya jumlah penduduk yang masih muda serta mutu penduduk yang masih relatif rendah.
Pertumbuhan penduduk yang tinggi akan menimbulkan masalah besar dalam suatu negara, jika tidak di imbangi dengan peningkatan produksi dan efisiensi di bidang lainnya. Kebijakan pemerintah dalam mengatasi hal ini antara lain melaksanakan program keluarga berencana dan meningkatkan mutu sumber daya manusia (baik dengan pendidikan formal maupun nonformal) yang telah ada, sehingga dapat menunjang peningkatan produktivitas guna mengimbangi laju pertumbuhan penduduknya.
Penyebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan tidak seimbangnya kekuatan ekonomi secara umum. Akibat nya terjadi ketimpangan daerah miskin dan daerah kaya. Tidak seimbangnya beban penduduk antar daerah itu akan berdampak terpusatnya modal di daerah tertentu saja. Oleh karena itu pemerintah melakukan penyelenggaraan program transmigrasi dan memperbaiki serta menciptakan lapangan – lapangan pekerjaan di daerah tertinggal.
Komposisi penduduk yang tidak seimbang dapat menimbulkan proses regenerasi kegiatan produksi menjadi tidak lancar. Dengan demikian perlu dilakukan tindakan secepatnya untuk membekali dan mempersiapkan tenaga – tenaga kerja muda di Indonesia dengan pendidikan formal maupun informal dengan ketrampilan dan pengetahuan yang sifatnya mendesak. Adapun langkah – langkah pemerintah untuk mengatasi hal tersebut antara lain  : meninjau kembali sistem pendidikan di Indonesia yang masih bersifat umum (general) dan menciptakan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih mendukung. 

1 komentar: