Jumat, 12 Oktober 2012

Tugas teori ekonomi


 BARANG KOMPLEMENTER, PERGESERAN KURVA PERMINTAAN DAN PENAWARAN


Nama            : J. Asfirotun

Kelas            : SMAK – 05

NPM             : 27211827

Tugas            : Teori Ekonomi


5. Jelaskan pengertian dari barang komplementer dan sebutkan contohnya!
Barang Komplementer adalah barang pelengkap, artinya barang yang fungsinya untuk melengkapi barang lain. Barang komplementer juga mempengaruhi permintaan barang / jasa. Misalnya sepeda motor barang komplementernya bensin, apabila harga bensin naik maka kecenderungan orang untuk membeli motor akan turun, begitu pula sebaliknya.
Contohnya : Bensin dan motor, kopi dan rokok, kompor dan minyak, pulpen dan tinta, teh dan gula, dll













11. Jelaskan kurva di bawah ini!
Kurva permintaan bergeser ke kanan karena adanya perubahan pendapatan dan titik keseimbangan bergeser dari E1 ke E2.  Jumlah barang yang diminta akan mengalami perubahan apabila terjadi perubahan harga (barang itu sendiri). Penurunan harga akan menyebabkan jumlah barang yang diminta bertambah. Sedangkan apabila faktor – faktor nonharga berubah maka akan menyebabkan perubahan dalam permintaan. Perubahan permintaan ini di tunjukkan oleh bergesernya kurva permintaan ke kanan atau ke kiri. Dengan bertambahnya jumlah permintaan namun tingkat penawaran konstan akan mempengaruhi tingkat harga. Semakin ekonomis barang dan jasa maka akan semakin tinggi harga yang di tawarkan. Oleh karena itu para produsen cenderung meningkatkan kuantitas produksi barang sehingga bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.
Faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan antara lain :
a.        Tingkat pendapatan perkapita
b.        Selera atau kebiasaan
c.        Harga barang itu sendiri
d.       Harga barang lain yang terkait
e.        Jumlah penduduk
f.          Perkiraan harga di masa mendatang
g.         Distribusi pendapatan
h.         Usaha – usaha produsen meningkatkan penjualan.

Berdasarkan kurva di atas dapat diambil sebuah contoh misal Pendapatan dagang bu Ani pada hari pertama sebesar 100.000 rupiah cukup untuk membeli 20 kg beras. Tetapi pada hari kedua ternyata dagangan ibu Ani memperoleh hasil sebesar 200.000 rupiah maka ibu Ani dapat membeli beras sebanyak 40 kg.

17.  Jelaskan kurva di bawah ini!


Perubahan permintaan terjadi karena dua sebab yaitu perubahan harga dan perubahan faktor ceteris paribus. Perubahan harga menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta, tetapi perubahan itu hanya terjadi dalam satu kurva yang sama. Ini yang disebut pergerakan permintaan sepanjang kurva permintaan (movement along demand curve). Jika perubahan disebabkan oleh faktor ceteris paribus yaitu pendapatan, maka akan terjadi pergeseran kurva permintaan (shifting). Jika pendapatan meningkat maka kurva permintaan bergeser sejajar ke kanan. Jika pendapatan menurun, kurva permintaan bergeser sejajar ke kiri.
Jika kurva permintaan naik sedangkan kurva penawaran turun akan menyebabkan harga semakin mahal, semakin banyak konsumen yang membutuhkan barang dan jasa, namun barang dan jasa yang ditawarkan turun maka tingkat harga yang ditawarkan semakin naik karena barang akan berubah sifat menjadi ekonomis dan exclusion. Permintaan lebih besar dari pada penawaran akan mengubah titik kesimbangan pasar. Surplus produsen semakin banyak karena tingkat harga yang ditawarkan mahal. Untuk lebih memaksimalkan laba maka produsen akan lebih meningkatkan kuantitas. Karena dalam hukum penawaran semakin tinggi tingkat harga maka akan semakin banyak jumlah barang yang di tawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar